MPLI akan hadir sebentar lagi. Pemilihan tim di bracketnya masing-masing (Champion’s draft) akan dilakukan Rabu Malam, 18 November 2020. Sistem ini terbilang baru bagi tim Indonesia. Empat tim yang akan lolos ke perempatanfinal nantinya bisa memilih empat tim yang akan menempati bracketnya sendiri.

Dengan metode tersebut, RRQ Hoshi, Bren Esport, Todak dan Burmese Gold bisa saja memilih tim yang paling mudah atau sangat menantang. Kapten RRQ Hoshi, Vyn sempat mengatakan akan memilih Evos Legends di bracketnya, terkait kepindahan LJ. Meskipun omongan tersebut mungkin hanya bercanda.

Sementara itu, caster Ryan KB Batistuta sangat yakin RRQ akan memilih Evos di bracketnya pada Champions draft 100 hingga 150 persen. “antara dua hal, RRQ ingin tahu seberapa kuat Evos Legends ketika melawan tim bracket RRQ dan kedua adalah analisis. Seperti apa rotasinya, draftnya dan line up ini” paparnya.

“itu pikiran positif, kalo RRQ  takut tak ketemu Evos di grandfinal, Evosnya takutnya dikalahin sama Bren atau Burmese Ghouls lagi apes-apesnya” Lanjut Ryan. Jika memang RRQ memilih Evos Legends, artinya El Clasico hanya akan terjadi di perempatan final. Itu pun jika Evos berhasil mengalahkan semua tim sebelum maju ke delapan besar.

 

4

 

Apa itu Sistem Champion’s Draft?

Ada yang berbeda di MPLI kali ini yakni menggunakan sistem champion’s draft. Apa sebenarnya champion’s draf itu? Mengutip dari ONE Esport, empat tim yang berasal dari juara masing-masing MPL akan menentukan tim mana yang akan dimasukkan ke pool bracket mereka.

Keempat tim juara dari masing-masing negara, nantinya bisa menentukan siapa calon lawan mereka di kesempatan pertama, kedua dan seterusnya. Pemilihan ini menggunakan snake format (1,2,3,4,4,3,2,1). Misalnya saja jika RRQ mendapat urutan pertama memilih siapa saja yang akan masuk bracketnya, kemudian disusul BG (juara MPL Myanmar), Bren Esport (juara MPL Filipina) dan Todak (Juara MPL Malay & Singapura).

RRQ Hoshi nantinya bisa lebih dahulu memilih satu tim dari 16 tim yang ada untuk dimasukkan pool bracket mereka. Setelahnya, urutan pemilihan tim berikutnya dibalik, Todak mendapat kesempatan pertama, kemudian disusul Bren Esport, BG dan terakhir RRQ dan terus seperti itu hingga semua tim masuk ke pool bracket masing- masing.

Daftar Tim yang Bisa di Draft

Berikut daftar tim yang bisa di draf:

  • Indonesia : Evos Legends, Aurafire, Geek Fam ID, Genflix Aerowolf, ONIC Esport, Bigetron dan Alter Ego
  • Malaysia & Singapura : Orange Leuvre Esport, Evos SG dan Resurgence
  • Filipina : Aura PH, ONIC PH, Omega PH Esport, Execration, dan Blacklist International
  • Myanmar : Ronin Esport

Pengundian ini akan disiarkan secara langsung melalui facebook ONE Esport malam ini, 18 November pukul 19.00 WIB. MPLI sendiri akan dimulai tanggal 27 November dan disiarkan dalam lima bahasa yakni Indonesia, Malaysia, Tagalog, Burma dan Inggris.