Kalian mungkin pernah mendengar rekan tim kalian mengatakan bahwa hero yang dipakai sedang tidak META. Rekan kalian mungkin saja sering melihat tier list hero.

Tier list dalam permainan cukup berpengaruh bagi sejumlah player. Hasil tier list ini disusun berdasarkan riwayat permainan banyak orang yang kemudian diolah menjadi data berurutan.

Hasil akhirnya bisa menjadi acuan untuk permain memilih hero-hero mereka. Tetapi seberapa besar pengaruh tier list ini dalam game LoL Wild Rift?

Pengaruh Tier List Dalam Game

seberapa besar pengaruh tier list dalam game?

Tier list bisa berpengaruh terhadap sejumlah pemain namun ada juga yang tidak punya pengaruh. Misalnya saja, pada League of Legends Worlds 2017, ada yang mempopulerkan suatu support enchanct dalam satu META.

Ini menjadikan support tersebut sangat populer saat itu. Kemudian memasuki quarter final, Ignar, dari tim Misfits justru tidak mempick hero tersebut dan memilih menggunakan tank dengan pengaturan anti META. Hasilnya luar biasa, ia menang di game tersebut.

Mudahnya begini, kamu bisa membedakan mouse seharga 50 ribu dengan 1juta dengan banyaknya ulasan positif. Pemain professional bisa saja mengalahkan orang yang punya mouse seharga 1juta dengan mousenya yang seharga 50 ribu saja.

Tetapi, ketika sudah professional, mouse  dengan harga 1juta mungkin akan dipilih mengingat banyak kelebihan yang diberikan. Namun, tidak semuanya memilih mouse dengan harga 1juta tersebut.

Misalnya, Levi, salah satu pemain League of Legends asal Vietnam mempunyai mouse seharga 50ribu. Tetapi berkat keahlian dan kecerdikannya, ia bisa menjuarai turnamen regional bahkan mengalahkan tim terkuat saat itu.

Kesimpulannya, tier list berpengaruh besar saat pemain sudah punya posisi misalnya sebagai pro player tapi juga bisa tidak berpengaruh dan memilih  opsi lainnya. Jadi, tier list bukan patokan utama, bagaimanapun juga skill dan dan kemampuan menguasai jalannya permainan lebih penting dibanding itu semua.