Esports merupakan salah satu industri yang meroket selama pandemi, disaat yang lain semakin terpuruk. Kompetisi esport terus naik karena selama pandemi semua orang dituntut di rumah saja.

Nah, di sepanjang tahun 2020 kemarin, ada sejumlah kerjasama bisnis menarik yang terjadi di dunia esport Indonesia. Apa saja? berikut selengkapnya.

1. EVOS Esports Bekerja Sama dengan VISA

Evos x VISA

EVOS Esport megumumkan kerjasamanya dengan VISA pada Juli 2020. Hartman Harris selaku Chief of Bussines Operation Evos mengatakan kerjsama dengan VISA tidak beda jauh dengan bermitra bersama perusahaan lain.

Tetapi dirinya mengaku bangga karena dipercaya oleh VISA. Pasalnya, EVOS merupakan organisasi esport pertama di Asia Tenggara yang menjalin kerjasama dengan VISA. Kerjasama ini berlangsung selama satu tahun.

Selain menjadi sponsorship, VISA juga membantu EVOS mengembangkan program EVOS Membership. Bagi mereka member EVOS yang mempunyai kartu VISA akan mendapatkan promo khusus.

2.Xiaomi Bekerja Sama dengan Bigetron

Bigetron x Xiaomi

Xiaomi mengumumkan kerjasamanya dengan Bigetron pada Juni 2020. Dengan kerjasama ini, tim PUBG Mobile Bigetron Red Aliens mempromosikan Redmi Note 9 Pro sebagai smartphone gamer.

Bigetron memang paling dikenal berkat tim PUBG Mobile mereka yang sukses menyabet kejuaraan tingkat Asia Tenggara Bahkan Dunia. Pada 2020 saja, Bigetron RA menempati posisi teratas World Ranking PUBG Mobile.

Informasi Tournament Valorant Klik DISINI

3. Riot Percayakan Turnamen VALORANT Indonesia ke ONE Up

riot x one up

Riot Games pertamakali merilis VALORANT pada Juni 2020. Pada Oktober kemudia, Riot mengumumkan rencana pengembangan esports di Asia Tenggara. Mereka menunjuk 7 perusahaan sebagai mitra, salah satunya ONE Up.

ONE up sendiri merupakan event organizer asal Indonesia yang bergerak di bidang industri E-sports. Ia bertanggung jawab mengadakan turnamen dan kompetisi tingkat Universitad dari VALORANT di Iindonesia.

First Strike merupakan turnamen VALORANT resmi pertama Indonesia dan digelar pada Desember 2020. Turnamen diikuti oleh 16 tim professional seperti Alter Ego, Boom Esport, Morph Team, NXL dan lainnya.

Babak grand final pempertemukan NXL Ligagame dan Altergeo. NXL berhasil keluar sebagai juara dengan membawa pulang hadiah sebesar Rp 60 juta.

4. Joe Taslim Jadi Karakter di Free Fire

Joe Taslim x Free Fire

Garena merilis karakter Jota yang diadaptasi dari tokoh nyata Joe Taslim. Diperkenalkan pertamakali pada 16 Maret 2020, Produser Garena berhadap tidak hanya lebih dekat dengan pemain Indonesia melalui perilisannya ini, tapi juga memperkenalkan Indonesia ke mata Dunia.

5. Mobile Legends : Bang Bang Gandeng Iko Uwais dan Al Ghazali

iko uwais al ghazali mlbb

Mobile Legends sebagai salah satu game populer di Indonesia mengumumkan kolaborasinya dengan Iko Uwais sebagai karakter Chou pada rangkaian event Winter Gala Desember 2020. Sementara itu, Al Ghazali, aktor muda tanah air dipilih untuk memerankan Gusion, salah satu hero ikonik MLBB.