Riot Games meluncurkan game berbasis PC yang berbeda dengan League of Legends. Game tersebut yakni Valorant, sebuah hero shooter taktis. Sebelum resmi dirilis, Riot membuat twich yang memecahkan rekor jam menonton dalam satu kategori game dengan 32 jam ditonton.

Setelah resmi diluncurkan, Riot terus mengembangkan game dengan membawa banyak berubahan seperti agen baru, mode permainan baru, dan sebagainya. Berikut selengkapnya.

Apa itu Valorant?

Valorant merupakan game hero menembak taktis 5v5 yang dikembangkan oleh Riot Games. Riot Games sendiri merupakan developer dari game MOBA League of Legends. Tiap pertandingan di Valorant berlangsung hingga 25 ronde. Tim yang memenangkan 13 ronde akan keluar sebagai pemenang.

Di awal pertandingan, pemain perlu memilih karakter (disebuy agen), yang masing-masing punya kemampuan khusus. Kedua tim berbagi pool yang berbeda, jadi ada kemungkinan ada agen yang sama untuk tim lawan di permainan yang sama.

Di Platform Apa Saja Valorant Tersedia?

Saat ini hanya support di PC saja, namun Riot selaku developer mengatakan mereka sedang mengerjakan proyek prototipe untuk game konsol. Kedepannya, Valorant bisa dimainkan pada smartphone dengan spesifikasi tertentu.

Apakah Valorant Gratis Dimainkan?

Sama seperti game besutan Riot Games lainnya, Valorant merupakan game online gratis dimana tersedia item kosmetik dan skin yang bisa dibeli.

Apa Gameplay dari Valorant?

Mode utama Valorant yang tersedia di rating dan competitive mirip dengan Counter Strike’s Defuse. Tim penyerang ditugaskan untuk menanam bom (disebut spike) di salah satu lokasi dan mempertahankannya sampai meledak.

Di sisi lain, tim bertahan menang saat semua pemain lawan tersingkir, saat waktu habis, atau spike yang ditanam bisa dijinakkan.

Tiap permainan mode utama dimenangkan saat salah satu tim meraih 13 kemenangan dari total 25 ronde. Karakter yang dipick saat awal permainan tidak bisa diubah selama jalannya pertandingan.

Mode baru yang disebut Spike Rush diperkenalkan saat Valorant resmi dirilis, tepatnya Juni 2020. Spike Rush dimenangkan saat salah satu  tim berhasil menjuarai empar ronde. Ronde ini lebih singkat dibanding mode utama yakni sekitar 8-12 menit.

Mode ini juga memberi setiap pemain yang menyerang spike senjata acak. Skill gratis setiap ronde dan dua poin pamungkas akan diberikan saat sukses menumbangkan lawan.

Game ini juga menampilkan 5 power-up orb khusus, item yang mampu memberikan tim kemampuan atau penyakit khusus saat ditangkap. Serta healt, regenerasi HP, pengecohan dan juga mengurangi penglihatan musuh.

Mode ketiga ada Free Dor All Deathmach yang ditambahkan selama episode 1 babak 2 tanggal 5 Agustus. Mode baru ini menampilkan 10 pemain per game, sama seperti pertandingan Valorant standar dengan permainan pertama mencapai 30 kill menang.

Tetapi, berbeda dengan Valorant normal, deathmatch tidak menyertakan kemampuan apapun. Melainkan hanya fokus ke permainan senjata dengan kredit tak terbatas untuk senjata  tiap kali pemain muncul.

Detail lainnya yakni paket healt yang akan turun tiap kali agen terbunuh. Minimap mode juga mengungkapkan lokasi pemain musuh terdekat tiap lima detik.

Apa saja Karakter yang Ada di Valorant?

Valorant hingga Oktober 2020 mempunyai 10 Karakter yang disebut agen. Masing-masing dibekali dengan 3 skill unik dan satu skill utama. Berikut selengkapnya

1. Jett

jett valorant

PERAN : PEDUEL (DUELIST)

Mewakili negara asalnya, Korea Selatan, gaya bertarung Jett yang tangkas dengan banyak pengelakan memungkinkannya mengambil risiko yang tak bisa dilakukan orang lain. Ia dapat menggunakan alat bantu untuk zoning dari kemampuan Cloudburst miliknya.

Saat Ultimate miliknya, Blade Storm aktif, Jett bisa menghabisi banyak musuh jika digunakan dengan efektif.

2. Raze

raze valorant

PERAN : PEDUEL

Raze membawa kemeriahan dari Brasil dengan kepribadiannya serta senapan besarnya. Kemampuan Boom Bot miliknya bisa digunakan untuk melakukan scout dan mencari musuh di lorong-lorong panjang.

Ultimatenya juga sangat membantu membunuh musuh dengan mudah berkat Rocket Launcher yang dibekali damage sangat besar.

3. Breach

breach valorant

PERAN : INISIATOR

Breach agen asal Swedia sangat dibutuhkan oleh tim untuk mendobrak pertahanan musuh. Ia mempunyai skill yang bisa menembus tembok dan sangat berguna untuk mengalahkan musuh yang bersembunyi.

4. Omen

omen valorant

PERAN : PENGENDALI

Sesosok hantu dalam pikiran, Omen berburu di dalam bayangan. Sebagai Controller, Omen bisa menggelapkan wilayah dan juga melakukan teleportasi dengan Ultimate miliknya. Omen merupakan agen yang wajib dipakai jika kalian seorang Entry Fragger atau Support.

5. Brimstone

brimstone valorant

PERAN : PENGENDALI

Bergabung dari AS, persenjataan orbital Brimstone memastikan pasukannya selalu berada di posisi menguntungkan. Kemampuannya untuk melancarkan bantuan secara presisi dari jarak jauh menjadikannya seorang komandan tempur tak tertandingi.

6. Phoenix

phoenix valorant

PERAN : PEDUEL

Berasal dari Britania Raya, kekuatan bintang Phoenix terpampang dalam gaya bertarungnya, mengobarkan medan perang dengan kilat dan api. Saat sendiri maupun dibantu rekannya, dia akan menerjang ke pertarungan sesuka hatinya.

7. Sage

sage valorant

PERAN : SENTINEL

Benteng pertahanan dari Tiongkok, Sage memberikan rasa aman bagi dirinya dan timnya ke mana pun dia pergi. Ia bisa melakukan Heal hingga menghidupkan kembali anggota tim.

Sebagai Support, Sage juga bisa membuat tembok untuk menghalangi entry dari musuh dan mempertahankan Bomb Site.

8. Sova

sova valorant

PERAN : INISIATOR

Terlahir dari musim dingin abadi tundra Rusia, Sova melacak, menemukan, dan menghabisi musuh dengan efisiensi dan presisi dahsyat.

Sova bisa memanggil drone hingga menembak Recon untuk mengintai posisi musuh. Jika Ultimate-nya dikeluarkan, Sova bahkan bisa mengeliminasi musuh dengan panah berkekuatan listrik.

9. Viper

viper valorant

PERAN : PENGENDALI

Seorang ahli kimia dari Amerika, Viper mengerahkan sejumlah perangkat kimia beracun untuk mengendalikan medan perang dan menghalangi pandangan musuh. Jika racun tak membunuh buruannya, permainan pikirannya pasti menghabisi mereka.

10. Cypher

cypher valorant

PERAN : SENTINEL

Seorang makelar informasi dari Maroko, Cypher adalah jaringan pengintai satu orang yang mengawasi tiap gerakan musuh. Tak ada rahasia yang aman. Tak ada manuver yang tak terlihat. Cypher selalu mengawasi.

11. Reyna

reyna valorant

PERAN : PEDUEL

Tertempa di jantung Meksiko, Reyna mendominasi kombat tunggal dan menjadi makin kuat tiap berhasil membunuh. Bagi kalian yang suka barbar, Reyna merupakan Agent yang sangat cocok.

Tiap melakukan kill, Reyna bisa mengumpulkan Soul Orb untuk melakukan healing. Jika pintar menguasainya, Reyna bisa melakukan Ace dengan mudah karena dirinya akan pulih seperti semula setiap melakukan kill.

12. KillJoy

killjoy valorant

PERAN : SENTINEL

Sang genius dari Jerman. Killjoy mengamankan medan perang dengan mudah menggunakan segudang penemuannya. Jika kerusakan dari peralatannya tak menghentikan musuh, debuff robot-robotnya akan mengatasinya.

13. Syke

syke valorant

PERAN : INISIATOR

Berasal dari Australia, Skye dan konco-konconya menjelajahi wilayah-wilayah berbahaya. Dengan kreasi yang menghambat gerak musuh, dan kekuatannya untuk menyembuhkan orang lain, tempat paling aman dan kuat bagi para anggota timnya adalah di sisinya.

Kabarnya, agen ke 14 akan segera diperkenalkan oleh Valorant. Riot Games telah konfirmasi bahwa Agen terbaru ke-14 di game ini adalah seorang duelist. Kita tunggu saja bersama kabar selanjutnya.