Valorant , sebagai permainan tim, mengharuskan pemain untuk mengatur skuadnya untuk mengisi peran tertentu. Setiap role di Valorant mempunyai tujuan yang berbeda dalam permainan dan akan tetap melakukan tugas-tugas ini demi kesuksesan tim mereka.

Seperti League of Legends, permainan tim memainkan peran besar dalam bergerak maju. Serta tidak hanya terbatas pada satu atau dua pemain yang bermain di tim musuh.

Ini akan berguna bagi pemain yang berencana untuk memasuki turnamen. Berguna juga untuk bermain di regu 5 orang untuk meningkatkan peluang memenangkan setiap permainan jika dijalankan dengan benar.

Apa Saja Role dalam Game Valorant?

role game valorant

Role diberikan dan menjadi spesialisasi agen tertentu tergantung pada keahlian yang mereka miliki. role ini memberi pemain petunjuk tentang apa yang perlu mereka lakukan selama pertandingan untuk memastikan bahwa tim bisa bekerjasama dengan baik.

Dalam permainan, setiap agen Valorant diberikan peran khusus tergantung bagaimana mereka dibangun. Berikut adalah contoh role yang dimiliki Valorant:

Role Valorant Primer

Sentinel

Pengontrol

Duelist

Pemrakarsa

Peran Valorant Sekunder

Entry Fragger

Leader / Kapten

Lurker

Crowd Control

Pengintaian / Reconnaissance

Support, dan

Sniper

Memahami peran ini memainkan tokoh kunci dalam pengembangan pemain, menghilangkan individualitas dan menambahkan rasa permainan tim yang lebih dalam ke semua jenis pemain serta lapisan strategi tambahan.

Ini akan terbukti menguntungkan bagi pemain yang tidak tampil luar biasa selama pertandingan tetapi tetap ingin berkontribusi. Kamu tidak selalu harus memiliki skor kill tinggi untuk menang di Valorant, kehadiran tim yang hebat juga berpengaruh.

Penjelasan Role Valorant Utama/ Primer

Ada 4 role Valorant utama dan ini adalah kategori yang digunakan secara resmi dalam game. Peran ini memberikan gambaran umum tentang seperti apa skill agen serta spesialisasi mereka di pertempuran.

Nama-nama kategori ini memberi Anda gambaran umum tentang apa yang Anda tugaskan untuk tim. Namun tidak benar-benar memberikan tugas khusus yang harus Anda lakukan setiap role. Berikut penjelasan role secara rincii:

1. Sentinels / Penjaga

Sentinel melindungi tim dari serangan dan kemajuan musuh. Spesialisasi mereka melindungi tim dengan menjaga mereka tetap aman dari jangkauan atau garis pandang musuh.

Sentinel seringkali tidak memiliki skill ofensif sehingga mereka hanya mengandalkan gunplay untuk membunuh. Mereka lebih efisien sebagai pembela (defender) daripada penyerang (attacker).

Agen: Sage, Cypher, Killjoy

Yang terutama harus diperhatikan oleh Sentinel adalah kesejahteraan tim mereka. Ini berarti bahwa mereka didorong untuk bereaksi lebih terhadap kebutuhan sekutu mereka daripada mengamankan tujuan di sekitar peta.

Penjaga dapat dibiarkan sendiri di peta tetapi mereka harus cepat berpindah dari satu tempat ke tempat lain jika terjadi perkelahian yang membuat rekan satu tim mereka kewalahan. Sentinel sering kali dapat menempatkan jebakan atau dinding yang bertujuan untuk menghalangi tim musuh.

2. Controllers / Pengontrol

Pengontrol mengubah keadaan medan perang untuk mendukung tim mereka. Ini termasuk bidang lambat, layar asap, kemampuan gangguan penglihatan, dan setrum. Pengontrol efisien dalam menyerang dan bertahan karena kemampuan mereka tidak terbatas untuk bertahan di satu tempat.

Kemampuan mereka mendikte jalannya pertarungan dan bertindak lebih sebagai peran pendukung daripada peran pembawa utama dalam tim. Namun, tidak berarti mereka tidak dapat menggunakan kemampuan mereka sendiri untuk keuntungan mereka saat bertarung sendirian.

Agen: Viper, Brimstone, Omen

Tidak seperti agen lain, kemampuan controllers bekerja di area peta yang luas. Mereka juga dapat bertindak sebagai pedang bermata dua melawan rekan satu timmu jika mereka kurang memiliki pengetahuan permainan atau koordinasi tim secara umum.

Controllers harus berhati-hati dalam menggunakan kemampuan mereka jika mereka tidak ingin mengacaukan sekutu dan memberi tim musuh keunggulan dalam pertarungan. Pengontrol mungkin terlihat sederhana tetapi tidak mudah digunakan dalam pengaturan tim.

3. Duelist / Petarung

Duelists adalah petarung yang terus menerus. Mereka memiliki keterampilan yang merusak atau keterampilan suportif yang menguntungkan diri mereka sendiri untuk mengambil keuntungan dari pertarungan.

Agen duelist biasanya memiliki mobilitas tinggi, damage-out tinggi, atau kemampuan menopang diri yang membuat mereka bertahan lebih lama dalam pertempuran.

Pemain duel memiliki batas kemampuan yang tinggi. Itu karena mereka perlu menggabungkan permainan tembak-menembak dan kemampuan mengamankan pembunuhan baginya dan tim. Seorang duelist akan selalu bermain untuk membunuh.

Agen: Phoenix, Jett, Raze, Reyna

Duelist berbahaya di medan perang karena kemampuan mereka untuk bergerak bebas di sekitar peta tanpa khawatir musuh menyerang. Sementara peran lain memiliki kemampuan yang membantu mereka lari dan bersembunyi, Duelist sering kali lebih mengandalkan permainan senjata.

Serta menghabiskan sedikit waktu untuk mencoba menggunakan kemampuan mereka untuk membantu mereka menumbangkan lawan. Duelist sering mengandalkan Rifles untuk membantu mereka mengamankan pertempuran di sekitar peta dari jarak apa pun yang memungkinkan.

4. Initiator

Inisiator membuka medan perang bagi tim mereka untuk bertarung dengan tim musuh. Mereka melakukan ini dengan mengganggu posisi musuh dan menyebabkan mereka kehilangan arah untuk waktu yang singkat.

Seorang inisiator mungkin atau mungkin bukan yang pertama memasuki medan perang tetapi karena statistik mobilitas mereka yang rendah, yang terbaik adalah mereka membuat bukaan bagi duelist atau pengontrol untuk menyerang langsung ke medan perang dan menjadi yang terakhir masuk jika ada yang salah.

Agen : Sova, Breach

Inisiator bukanlah peran yang diperuntukkan bagi pemain yang suka bermain solo. Meskipun benar bahwa kamu dapat segera menindaklanjuti pembukaan yang melibatkan dirimu sendiri, sebaiknya gandeng rekan satu tim didekatmu untuk memanfaatkan sepenuhnya pembukaan yang diberikan.

Valorant masih merupakan permainan tim dan tidak boleh dimasukkan ke dalam konteks bahwa satu orang dapat melakukan permainan hanya dengan membunuh paling banyak dari semua rekan tim. Bermain tanpa pamrih saat bermain sebagai inisiator dan bantu tim mu meraih kemenangan.

Baca Juga: Valorant : Gameplay, Agen, dan semua Hal yang Perlu Diketahui

Penjelasan Role Valorant Sekunder

penjelasan role valorant

Peran Valorant Sekunder digunakan untuk mengidentifikasi kategori yang digunakan dalam permainan profesional dan oleh komunitas. Kategori ini tidak secara eksklusif digunakan atau dibuat oleh Riot Games untuk agen mereka.

Faktanya, kategori-kategori ini telah digunakan di Tactical FPS Esports sebelumnya, itulah sebabnya beberapa dari Anda mungkin sudah terbiasa dengan beberapa istilah ini. Meskipun demikian, untuk pemain baru yang ingin belajar, berikut penjelasan peran-peran sekundernya:

1. Entry Fragger

Ada dua jenis fragger entri – Primer & Sekunder. Entri fragger bertugas untuk menjadi yang pertama memasuki medan perang dan menguasai area untuk tim mereka. Fragger entri utama adalah orang utama yang melakukan ini dengan fragger entri sekunder mengikuti di belakang.

Para pemain ini harus sangat terampil dalam permainan senjata dan memiliki pengetahuan tentang semua taktik FPS. Entri fragger yang buruk hampir selalu mati 0,5 detik setelah memasuki area tanpa persiapan.

Agen Pilihan: Reyna , Phoenix, Jett

2. Leader / Kapten

Pemimpin atau Kapten adalah tonggak utama tim yang akan memutuskan apa yang perlu dilakukan tim. Ini untuk menghindari konflik tentang apa yang diminati para pemain dan memastikan bahwa semua orang bekerja sama.

Kapten haruslah punya pemahaman yang baik tentang permainan dan mekanismenya. Pemimpin harus memiliki keterampilan pengambilan keputusan yang sangat baik untuk menghindari memimpin timnya untuk kalah.

Agen Pilihan: N / A

3. Lurker / Pengintai

Lurker atau Pengintai ditugaskan untuk memisahkan secara strategis dari tim untuk mencari ancaman di tempat lain di peta. Mereka dapat secara strategis menghadang musuh dari belakang dan mengganggu pertahanan mereka. Atau mencoba mencari musuh yang mencoba melakukan hal yang sama.

Pemain dengan posisi ini harus berhati-hati dan berkomunikasi dengan tim hanya jika mereka telah mengumpulkan informasi berguna yang terbukti berguna bagi tim. Mereka harus tetap diam-diam dan bertindak hanya jika diperlukan.

Agen Pilihan: Omen, Jett

4. Crowd Control

Kontrol kerumunan sangat penting selama pertarungan tim karena mereka mengganggu pemain musuh agar tidak bisa menembak sekutu. Mereka pada dasarnya adalah pengontrol yang mencoba dan melumpuhkan, memperlambat, atau membutakan lawan.

Sehingga sekutu mereka dapat menemukan posisi yang lebih baik di medan perang yang akan membantu mereka mengamankan pembunuhan dan sasaran di lokasi. Crowd Control harus tahu kapan dan bagaimana menggunakan skill mereka dan tidak sembarangan membuangnya.

Agen Pilihan: Brimstone, Breach, Phoenix , Killjoy

5. Reconnaisance

Agen pengintai memberikan informasi tentang lokasi pasti tim musuh untuk membantu tim bersiap untuk bertarung. Agen harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan tim terkait apa yang mereka lihat di peta agar tidak membuat mereka salah tafsir

Memberikan pengintaian sangat penting. Jadi, pastikan mendapatkan sebanyak mungkin sebelum membiarkan tim langsung bertanding tanpa mengetahui situasinya.

Agen Pilihan: Sova, Cypher

6. Support

Dukungan tersebut memberikan bantuan kepada sekutu mereka yang membutuhkan. Ini datang dalam bentuk penyembuhan atau memberi mereka sumber daya yang mungkin mereka butuhkan untuk bertahan lebih lama dalam pertarungan.

Untuk saat ini, Sage adalah satu-satunya agen yang dapat melakukannya dengan sukses tetapi agen masa depan mungkin memiliki tujuan yang sama. Dukungan selalu melekat dengan anggota tim lainnya dan jangan berkeliaran tanpa setidaknya satu orang lain bersama mereka setiap saat.

Agen Pilihan: Sage

7. Snipper

Penembak jitu bertugas menggunakan senjata Operator. Ini biasanya disediakan untuk pemain terbaik Anda dalam tim yang menggunakan Operator dengan sangat baik.

Harus selalu ada satu penembak jitu dalam tim, tetapi memiliki lebih dari jumlah itu akan merugikan tim dalam pertarungan jarak pendek. Pemain ini harus tahu positioning dan tidak boleh dibiarkan sendirian saat tim musuh berusaha menutup celah di antara tim.

Agen Pilihan: N / A

Komposisi Tim

Menggabungkan berbagai peran Valorant ini akan memainkan peran besar dalam kinerja tim. Meskipun tidak ada batasan ketat tentang bagaimana peran ini harus digabungkan, ada peran yang perlu dimiliki tim agar bisa bermain lebih baik.

Dengan mengetahui tindakan mana yang ingin diprioritaskan, kamu dapat melakukan tugas-tugas ini untuk berhasil terlibat melawan tim musuh dengan kesuksesan yang lebih tinggi.

Kontrol Situs / Site Control

1 Sniper, 2-3 Crowd Control, 1 support , 0-1 Lurker

Pertempuran Serangan / Offensive Skirmishing

1 Lurker, 1 Entri Primer, 2 Crowd Control / Entri Attack Sekunder, 1 Snipper

Pertempuran Bertahan / Defensive Skirmishing

1 Lurker, 1 Entri Fragger, 2 Crowd Control, 1 Support

Di atas adalah beberapa contoh tentang bagaimana harus membangun tim. Satu-satunya hal yang konstan dalam membangun tim Anda adalah bahwa harus selalu ada Pemimpin / Kapten dan snipper.

Pada akhirnya, Valorant adalah FPS berbasis skill jadi tidak peduli seberapa terorganisir kamu, tidak akan bisa menang hanya dengan taktik. Pastikan untuk membaca beberapa Tips Valorant untuk membantu meningkatkan permainan.

penjelasan peran dalam game valorant

Komunikasi dan Strategi

Komunikasi adalah hal terpenting dalam setiap permainan tim. Meskipun tidak harus berbicara langsung,  kamu masih dapat menggunakan Ping dan Kotak Obrolan untuk memberitahu rekan tim apa yang terjadi.

Meskipun demikian, obrolan suara masih merupakan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan tim. Karena, hanya membutuhkan sedikit waktu untuk menyampaikan dan memberikan definisi yang lebih jelas tentang apa yang ingin disampaikan kepada rekan tim.

Kapten tim harus selalu menyusun strategi yang jelas untuk diikuti tim sehingga tidak terpencar-pencar di sekitar peta dan dijemput satu per satu. Tim harus menyetujui bagaimana mereka ingin mendekati pertarungan tergantung pada komposisi tim mereka.

Serta mengikuti rencana tanpa tergoda untuk melakukan hal yang tidak berguna . Tim terbaik akan selalu menemukan cara untuk memenangkan permainan meskipun mereka kalah dalam jumlah yang signifikan.

Apakah peran Valorant penting dalam permainan profesional?

Iya. Kastor dan analis esports selalu mendasarkan pendapat mereka tentang permainan bergantung pada peran para pemain dan seberapa baik mereka memanfaatkan peran tersebut untuk kesuksesan tim