Mobile legends merupakan game MOBA dengan jumlah pemain sangat banyak. Game ini sangat seru dimainkan apalagi jika sudah menguasai banyak hero. Artikel kali ini akan membahas mengenai tips menang di MCL Mobile Legends.

Game tersebut memang punya banyak mode pertarungan. Sebut saja Rank, Classic, Brawl hingga magic Chess. Salah satu pertarungan yang dinantikan banyak player adalah Mobile Champions League (MCL). Jika kamu berencana mengikuti MCL di akhir bulan nanti, simak tips berikut agar bisa meraih piala.

1. Memilih Tim

Tips Menang di MCL Mobile Legends

Tips menang di MCL pertama adalah memilih tim. Meskipun bisa bermain solo ataupun mendapatkan tim dengan acak, tetapi lebih baik membuat tim sendiri. Pastikan tim yang disusun sudah menguasai role yang dibutuhkan, misalnya tank, Mage, Support, Marksman, Fighter, dan Assassin.

Hal tersebut penting untuk memudahkan komunikasi saat bertanding dan tidak bentrok saat melakukan pick hero.

2. Perhatikan Kualitas Jaringan

jaringan MLBB

Tak kalah penting lainnya yakni memastikan jaringan internet stabil dan lancar. Berbeda dengan mode ranked atau classic, saat bermain di MCL kamu membutuhkan jaringan yang lebih cepat karena menggunakan server luar.

Jika memaksakan bermain dengan jaringan yang kurang stabil, kamu mungkin akan mengalami lag atau terasa berat saat menjalankan hero. Kamu bisa menggunakan Wi-Fi ataupun kartu perdana dengan kualitas jaringan stabil.

Jangan lupa juga untuk memilih server yang bagus dengan warna hijau yang direkomendasikan Moonton sebelum mulai masuk ke lobby. Caranya pilih menu kontes – klik MCL – klik server di bagian kanan atas.

3. Ban Hero

ban hero mlbb

Jika sudah yakin jaringan dan server bagus, kamu bisa masuk ke mode MCL di jadwal yang sudah ditentukan. Kamu perlu melakukan ban hero terlebih dahulu seperti biasanya sebelum masuk ke draft pick.

Terdapat sejumlah hero yang wajib di ban dalam MCL ini. Mereka adalah hero yang bertipe stune, crowd control dan initiator. Diantaranya seperti Kufra, Selena, Kimmy, Valir, Hylos, Digie, Nana dan Atlas.

Bisa juga dengan mencari counter mereka jika hero tersebut di pick lawan agar permainan bisa seimbang.

4. Pick Hero

pick hero

Selanjutnya, lakukan pick hero. Jika tim kamu mendapatkan kesempatan first pick pilihlah hero dengan tipe tanker yang sedang oper power atau Carry. Kamu juga wajib mempick hero dengan kemampuan mengacak-acak pertahanan lawan seperti Kagura, Selena, Jawhead, dan sebagainya.

Setelah pemain 1 sampai 3 memilih hero, akan ada sesi ban hero lagi oleh pemain 4 di kedua tim. Gunakan kesempatan ini untuk melarang hero yang kemungkinan dipick oleh lawan.

Caranya bisa dengan mengambil gambaran dari hero yang dipick lawan sebelumya dan menyingkirkan hero combo terbaik. Misalnya jika lawan mendapatkan hero Harry tim mu maka kamu perlu mem-ban Kufra, Atlas atau Hylos.

Bisa juga dengan melakukan ban role hero yang belum pernah di pick lawan seperti Mage, Assasin atau Support.

5. Meta Permainan

meta permainan

Di kontes MCL ini, hero yang diutamakan adalah tipe perusuh karena kamu perlu menguasai pertandingan di early game. Untuk bisa menguasai early game, pastinya membutuhkan hero dengan skill mengganggu pertahanan seperti Selena dan lainnya.

Kamu juga harus pintar-pintar memanfaatkan momentum untuk mencuri hero core lawan dan merusuhi jungle mereka. Semakin banyak lawan kecolongan, semakin besar kamu menguasai permainan. Jika malah tim kamu yang tertekan, satu-satunya solusi ya dengan melakukan defence.

Belilah item defence yang tebal untuk tank dan mana untuk hero yang boros mana saat tidak mendapatkan buff. Semakin baik tim mempertahankan semakin besar peluang untuk membalikkan keadaan.

Kamu hanya perlu menunggu lawan melakukan blunder hingga semuanya ter wipe out. Jika sudah demikian, tim mu hanya perlu melakukan push satu turret sampai jebol. Jika tidak memungkinkan, ambil saja lord atau bersihkan semua buff yang tersisa.

Formasi yang direkomendasikan untuk MCL adalah 1-3-1 atau 1-2-1-1 dengan 1 hero jungler/offlaner.

Nah, itulah tips menang di MCL Mobile Legends. Manfaatkan kesempatan sebaik mungkin agar kamu bisa menang di MCL dan mendapatkan piala.

Sebentar lagi akan ada MCL spesial M2 pada tanggal 30 Januari 2021 yang dimeriahkan oleh para pro player. Ayo siapkan tiket MCL kalian sekarang juga.

Untuk daftar hadiahnya, kamu bisa membaca di sini : Daftar Hadiah MCL Mobile Legends Edisi M2