Penasaran dengan pendapatan Free Fire 2020? Bagi kalian para pemain game besutan Garena pastinya penasaran. Pastinya income yang didapatkan developer sangat fantastis mengingat sudah diunduh lebih dari 500 juta kali di Google Play Store.

Game ini juga dimainkan oleh banyak player dan menjadi salah satu cabang berbagai tim Esports di berbagai negara. Turnamen Free Fire mulai dari tingkat lokal, Nasional dan Internasional juga kerap kali digelar dengan memperebutkan hadiah hingga milyaran rupiah.

Total Pendapatan Free Fire Sepanjang Tahun 2020

Di tahun 2019 sebelumnya, Garena Free Fire memecahkan rekor pendapatan kuartalan dengan menghasilkan $ 90 juta pada Q1 2019.

Secara keseluruhan, penginstalan baru Garena Free Fire tumbuh 81% tahun-ke-tahun. Brasil tetap menjadi sumber pertumbuhan terbesar, terhitung 20% ​​atau 14,6 juta pemain baru.

Sementara itu, pendapatan Free Fire 2020 dilansir dari App Annie yang merupakan perusahaan riset data mobil diungkapkan bahwa pendapatan Garena dan perusahaan induknya, SEA Group tak terbentung saat wabah COVID-19.

Dimana perusahaan lain banyak yang kesulitan bahkan harus mengurangi jumlah karyawannya. Pandemi Corona memang membatasi orang-orang berada di rumah saja. Mereka berusaha untuk mengusir kebosanan, salah satunya dengan memainkan game.

Banyak juga pemain yang beralih ke game berbasis mobile seperti PUBG Mobile, Free Fire, COD Mobile, Mobile Legends, dan lainnya. Dalam laporan App Annie, Garena selaku deleloper dan publikasi Free Fire PC dan Mobile mencatat pendapatkan perusahaan yang signifikan.

Per Juli 2020 saja, rekor baru terpecah lagi dimana mendapatkan income tertinggi sejak awal berdirinya Garena di tahun 2009. Memasuki kuartal II/20, Garena mencatat pendapatan yang terus naik hingga 61.6 persen.

Kalkulasinya dari 443,2 juta dollar AS pada kuartal II/2019 naik menjadi 716,2 juta dollar AS atau setara 100 Triliyun. Sementara itu, laba kotor atau EBITDA Garena juga meningkat sebesar 65,4 persen dibanding periode sebelumnya.

Yakni 436,2 juta dollar AS di kuartal II/2019 naik menjadi 263,8 juta dollar AS di kuartal II/2020. Naiknya pendapatan Garena secara pesat ini berkat pengguna gim yang meningkat juga.

Free Fire Jadi Game Paling Banyak Diunduh Sepanjang 2020

Segini Pendapatan Free Fire Sepanjang 2020, Fantastis!

Menurut App Annie, Free Fire menjadi game paling banyak diunduh pada sepanjang 2020. Game dengan genre battle royale mobile ini sudah hits sejak lama. Dan mendapat penghargaan yang sama di dua tahun terakhir.

Dilansir dari App Annie, Fire Fire berada di daftar teratas mengalahkan Among Us. FF Mobile menjadi game paling banyak diunduh di seluruh dunia melalui toko aplikasi resmi seperti Play Store dan juga App Store.

Itu mungkin karena Among Us merupakan game baru dan kepopulerannya hanya beberapa bulan terakhir saja. FF juga sempat memecahkan rekor sebagai game battle royale dengan pemain yang besar hingga 100 juta pengguna harian.

App Annnie mencatat pengguna aktif Garena meningkat 61 persen tiap tahunnya. Peningkatan tersebut naik menjadi 499,8 juta dimana sebelumnya 310,5 juta pengguna aktif.

Dari total pengguna aktif, 49,9 juta atau 10 persennya sudah pernah melakukan pembelian atau pembayaran voucher. Jumlah tersebut tumbuh hingga 91,2 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.