Salah satu elemen yang tidak lepas dari game tactical shooter seperti Valorant adalah map. Artikel kali ini akan membahas mengenai penjelasan map Valorant, mulai dari Bind, Haven, Split dan Ascent. Bagi pemain wajib hukumnya untuk menguasai peta.

Tidak hanya mengetahui lokasinya saja, tapi juga nama lokasi di tiap peta. Ini penting agar komunikasi dengan rekan satu tim bisa mudah dan pergerakan tim juga menjadi lancar. Nantinya kamu tahu dimana lokasi yang pas untuk bersembunyi, rute mana yang harus di ambil dan sebagainya.

Langsung saja, berikut informasi mengenai map atau peta di Valorant selengkapnya.

Apa itu Map Valorant?

Valorant adalah penembak taktis 5v5 yang dibuat oleh Riot Games. Sejauh ini ada lima peta dengan satu tujuan: menanam atau mempertahankan diri dari bom (disebut “spike”).

Empat peta yang dapat dimainkan disebut Bind, Haven, Split, Ascent, dan Icebox. Ada juga jarak tembak di mana Anda dapat mempertajam bidikan atau mempraktikkan situasi simulasi seperti mempertahankan paku yang Anda tanam.

Setiap peta juga memiliki dua bola pamungkas di lokasi netral yang dapat dicoba oleh tim. Bola tersebut memberikan satu poin pamungkas dari agen yang mengambilnya.

Penjelasan Map Valorant dan Jenisnya

Blind

Penjelasan Map Valorant dan Jenisnya

sumber: mobalytics.gg

Bind terbagi di dua lokasi yakni A dan B yang mempunyai attacker yang menyusup dari pantai. Situs A dapat diakses melalui gang di tengah peta yang disebut “short A” atau melalui lorong bangunan yang disebut, “showers”.

Situs B dapat diakses melalui jalan setapak di sepanjang pantai yang disebut “long B” atau melalui pasar dan jendela yang disebut “hookah.

Aspek unik dari peta ini adalah ada dua teleporter dengan satu arah. Satu teleporter membawa Anda dari titik B ke samping “showers”. Yang lain membawa Anda dari short A ke sisi “hookah”. Ini memungkinkan attacker dan defender untuk dengan cepat merotasi atau mengapit tim lawan.

Teleporter sangat berisik sehingga agak berisiko untuk melakukannya jika musuh menyadarinya. Pemain juga bisa melempar proyektil, drone, dan senjata melalui teleporter.

Satu ultimate orb dapat ditemukan di dalam shower sementara yang lain berada di “long B” tepat di depan teleporter.

Haven

Haven

sumber: mobalytics.gg

Haven terdiri dari tiga peta tiga situs (A, B, C), ini unik mengingat kebanyakan peta bom / defusal di game FPS biasanya hanya punya dua situs.

Situs A dapat diakses melalui gang berbentuk L yang disebut “short A” atau melalui lorong bawah tanah yang disebut “sewers” (A-short).

Seperti yang diharapkan, long A lebih cocok untuk pertempuran jarak jauh sementara sewers cocok digunakan untuk pertempuran jarak dekat.

Situs B dapat diakses melalui jendela yang mengarah ke halaman luar ruangan. Halaman tersebut juga mengarah ke satu set pintu yang disebut “garage” yang memungkinkan penyerang untuk menyelinap ke Situs B.

Garage juga bertindak sebagai penghubung ke Situs C, sehingga penyerang yang berhasil melewatinya bisa mengancam B dan C.

Split

Split map

sumber: mobalytics.gg

Split telah ditambahkan pada hari pertama close beta. Kedua situsnya berada di ujung kiri dan kanan peta dengan area tengah yang memberikan dominasi dataran tinggi.

Meknisme unik di sini adalah ada tali yang memungkinkan pemain untuk naik atau turun dengan cepat secara diam-diam untuk pergi ke lokasi tertentu. Pemain dapat menemukannya di A Sewer, B Rafters, dan Mid Vent.

Ultimate Orbs dapat ditemukan di A main dan di dalam B main atau yang dikenal sebagai garage.

Ascent

ascent map

sumber: mobalytics.gg

Ascent adalah peta baru pertama yang ditambahkan sejak Valorant dirilis secara resmi. Ini adalah peta dua situs yang terletak di Venesia, Italia.

Dibandingkan dengan peta lainnya, Ascent punya area paling terbuka dengan halaman yang luas di tengah peta.

Halaman menawarkan jalan pintas cepat ke sisi-sisi peta tetapi cukup berisiko untuk dilewati karena tidak terlalu tertutup. Fitur khas lainnya yang unik adalah pintunya yang dapat ditutup.

Di setiap situs pertahanan, ada pintu yang bisa dibuka atau ditutup menggunakan sakelar. Pintunya berlapis baja tetapi bisa rusak.

Icebox

Icebox

sumber: mobalytics.gg

Icebok dirilis pada Beginning Of Act II dan berlangsung di tundra climate. Peta ini memiliki banyak sekali vertikalitas dan sudut yang harus ditutupi, jadi ini adalah peta paling rumit yang dirilis.

Jika dilihat, map ini berupah sebuah kapal besar yang berada di tengah pegunungan salju.

Ada fitur unik seperti tali horizontal (yang bekerja sama dengan tali vertikal Split) dan lokasi penanaman dua tingkat. Yang berarti pemain memiliki opsi low ground untuk menanam dan juga dataran tinggi.

Ini adalah peta yang bagus untuk agen seperti Raze, Jett, dan Omen yang mampu memanfaatkan semua kotak dengan baik. Sementara agen seperti Sova dan Cypher mungkin akan kesulitan.

Alasannya, karena Sova akan mudah bersembunyi dari sonar arrow dan Cypher karena akses poinnya banyak sehingga Trapwires miliknya mungkin tidak mendapatkan nilai sebanyak biasanya.

Namun, sudah ada line up terbaru dari Valorant yang membuat Sova bisa bergerak leluasa di map ini. Untuk penggunaan Sova dari Attacker site, bisa menembakkan recon bolt ke arah menara di luar map.

Panah tersebut nantinya akan memantul dari kapal luar map dan menempel di tembok belakang site B. Cara ini bisa digunakan untuk mengeksekusi site B.

Shooting Range

Shooting Range

Merupakan peta terakhir yang ada cocok digunakan untuk berlatih dan mengasah keterampilan pemain. Di sini, pemain dapat mengganti agen dan senjata kapan saja (bahkan dapat menguji karakter yang belum dimiliki).

Di shooting range, pemain dapat menembak boneka bertelur atau dummies spawn pada kecepatan dan pengaturan yang berbeda seperti strafing. Ada juga area yang khusus digunakan untuk menembak target dari jarak jauh untuk menguji efektifitas senjata.

Pemain juga bisa melatih diri seperti menanam spike kemudian bertahan dari bot untuk meningkatkan composure dan ability di situasi clutch.

Nah, itulah penjelasan Map Valorant dan Jenisnya. Semoga bermanfaat dan terus kunjungi web Champions untuk update informasi terbaru dan terkini seputar esports.