Setelah lama masuk tahap close beta, Rank Valorant telah dirilis. Saat masih status beta, Riot sebenarnya sudah menyajikan sistem ini tapi dalam waktu terbatas.

Saat itu, pemain membutuhkan 20 kali permainan di mode unranked untuk membuka mode rank. Rank sendiri terdiri dari 8 tingkatan dengan 3 tier di tiap ranked-nya. Kalian bisa bermain dengan party berisi 5 player dengan ketentuan beda 2 rank saja maksimalnya.

Langsung saja, berikut kami berikan informasi mengenai apa itu rank, cara mendapatkan akses, dan sistem kerjanya.

Apa Itu Peringkat atau Rank Valoran?

Rank Valorant : Bagaimana Mengaksesnya dan Sistem Kerjanya

Ada delapan tingkatan dalam sistem peringkat Valorant, dimulai dengan Iron dan diakhiri dengan Radiant. Semua tingkatan kecuali Radiant dan Immortal memiliki tiga sub-peringkat di dalamnya, dengan peringkat satu terendah dan peringkat tiga tertinggi.

Oleh karena itu, jika kalian mengecualikan Unranked, ada 20 peringkat di game ini. 500 pemain teratas di setiap wilayah akan mencapai peringkat Radiant, dan sekitar 1% teratas per wilayah akan mencapai peringkat Immortal.

Bagaimana Cara Membuka Mode Ranked?

Untuk mendapatkan akses ke mode rankde, kamu perlu memainkan pertandingan Valorant yang tidak memiliki peringkat (Unranked). Tujuannya, agar menjadi terbiasa mengenai tata letak peta, senjata dan skill agen.

Performa dalam pertandingan ini tidak memengaruhi bagian mana pun dari pengalaman kompetitif. Match hanya perlu diselesaikan untuk membuka kemampuan memainkan pertandingan penempatan dan mendapatkan peringkat awal

Bahkan setelah competitive ladder dibuka, matchmaking dan pertandingan kamu yang tidak dinilai tidak akan memengaruhi penempatan kompetitif. Setelah selesai, kamu akan memiliki akses ke mode peringkat.

Ini akan memberi banyak waktu untuk unlock agen dan mempelajari peta. Setelah memiliki akses, kamu akan memiliki opsi di menu utama di atas banner : Kompetitif.

Penjelasan Mode Rank Valorant

rank valorant

Setelah mendapatkan peringkat, kamu harus bermain melalui lima pertandingan penempatan (placement match) dan mendapatkan peringkat pertama kamu. Dalam Valorant, kemenangan dinilai lebih tinggi daripada kinerja pribadi.

Tetapi pengembang mengatakan bahwa bermain bagus dalam pertandingan adalah bagian dari bagaimana permainan menentukan perkembanganmu. Saat kamu bermain lebih banyak, menang dan kalah akan menjadi lebih penting untuk peringkatmu.

Serta menjadi jalur utama untuk maju. Sistem peringkat saat ini diarahkan untuk memerangi smurfing dengan berfokus pada keterampilan pribadi kalian selama pertandingan penempatan.

Kamu harus bekerja keras melalui semua level  Iron, Bronze, Silver, Gold, Platinum, Diamond, and Immortal. Setelah itu bisa mencapai tier akhir yakni Valorant.

Semua tingkatan memiliki lencana sehingga kamu bisa dengan cepat mengidentifikasi tingkat pemain dan keterampilannya berdasar lencana ini.

Peringkat akan menentukan dengan siapa pemain akan dicocokkan. Kamu hanya dapat ber-party-an dengan orang-orang dalam enam tingkatan dari posisi kamu saat ini.

Ketahuilah bahwa jika tidak bermain Valorant selama empat belas hari, peringkat akan disembunyikan sampai memainkan pertandingan peringkat lagi. Namun, Ini tidak akan memengaruhi tingkatan atau perkembangan apa pun di tangga peringkat, hanya saja tidak akan terlihat oleh orang lain.

Saat ini, tidak ada hadiah berdasarkan peringkat, selain lencana yang terlihat di profil yang bisa digunakan untuk membanggakan diri.