GothamChess VS Dewa Kipas kini tengah hangat diperbincangkan publik. Bagaimana tidak, sosok bapak-bapak asal Indonesia, Dadang Subur aka Dewa_Kipas berhasil mengalahkan gamer catur kelas dunia di chess.com, Levy Rozman aka Ghotam.

Kasus menjadi semakin viral lantaran akun Dewa_Kipas diblokir karena dituduh menggunakan cheat. Sang anak, Akbar Ali mengklaim pemblokiran terhadap akun bapaknya tersebut lantaran banyak yang melapor akun Dewa_Kipas karena curang dengan menggunakan cheat.

Sementara itu, pihak Chess.com sendiri mengatakan pihaknya tidak pernah memblokir berdasar pengaduan akun tersebut.

Rajin Catat Langkah, Kunci Kemenangan GhotamChess vs Dewa Kipas

Gothamchess Vs Dewa Kipas Berakhir Damai, Begini Kronologinya

Saat melawan GothamChess, rating ELO Dadang sudah mencapai 2.311. Menariknya, pencapaian itu dicapai hanya dalam waktu singkat yakni 3 minggu saja.

Dimana biasanya orang akan naik ke peringkat ELO 800-1200 dalam waktu beberapa bulan. Itu karena Dadang bermain tak kenal waktu bahkan seringkali dimarahi sang istri karena bermain game terus.

Keunikan Dadang lainnya adalah rajin mencatat tiap langkah dalam pertandingan catur. Sebelum dikenalkan dengan Chess.com oleh sang anak, dirinya juga sering bermain melawan bot pada aplikasi Shredder Chess.

Bot tersebut dibuat sedemikian rupa hingga kemampuannyna sama dengan pecatur peringkat ELO 2.600 ke atas. Sang bapak juga seringkali menjuarai turnamen catur yang diselenggarakan kantor tempatnya bekerja hingga tingkat daerah.

GothamChess Sudah Meminta Maaf

permintaan maaf ghotamchess

Perseteruan GothamChess vs Dewa Kipas berakhir damai. Awalnya, putra Dadang yakni Ali Akbar tidak terima ayahnya dituduh curang dengan menggunakan cheat.

Namun, kabar terakhir, Levy sudah meminta maaf yang disampaikan secara pribadi kepada Dadang melalui sang anak, Ali. Levy meminta maaf atas ketidaknyamanan yang sudah ditimbulkan.

Namun, warganet banyak yang mengusulkan agar GhotamChess vs Dewa Kipas tanding ulang atau rematch untuk membuktikan ada kecurangan atau tidak.

Tetapi, Levy tidak menyetujuinya. Malahan, ia menawarkan untuk streaming bersama dengan melibatkan pecatur dari Indonesia.

Atas kasus ini, akun instagram Levy langsung diserbu warganet Indonesia yang tidak terima Dewa Kipas dituduh cheating hingga akunnya diblokir. Bahkan, saking terganggunya, akun Twitter dan Instagram GhotamChess kini sudah di private.

Menurut Levy, akibat kejadian ini dirinya menanggung beban yang lebih besar dari pada Dadang. Itu karena ia menjadikan permainan sebagai profesi utamanya, sementara Dadang hanya sekedar menghabiskan waktu luang.

Dadang sendiri sudah mengikhlaskan akunnya diblokir dan sama sekali tidak mengharap akun tersebut kembali lagi. Malahan bersyukur karena kini ayah Ali tersebut bisa berhenti bermain game, dimana biasanya ia lupa waktu jika sudah keasyikan bermain catur online.

Sang ayah sudah niat ingin berhenti ketika sudah mencapai rating ELO 2.200. Namun, ia masih saja bermain hingga ratingnya sudah naik hingga 2.300 dan berakhir saat melawan GothamChess.