Sistem dan mode rank League of Legends Wild Rift merupakan salah satu aspek penting dalam game. Berbeda dengan game bergenre MOBA seperti biasanya, Wild Rift punya tingkatan rank yang lebih banyak dibanding rata-rata.

Terdapat sekitar 10 tier dalam game dengan masing-masing tier punya 4 sub tier. Sistem rank game ini juga terbilang lebih kompleks dibanding game kebanyakan. Berikut penjelasannya.

Apa itu Mode Ranked Wild Rift?

Mode rank League of Legends merupakan salah satu mode permainan yang ada dalam game. Biasanya dipilih oleh pemain yang serius meningkatkan poin rank untuk membuktikan dirinya terbaik.

Pemain bisa membuka Ranked PVP setelah sampai level 10. Jadi, pemain perlu memainkan terus menerus game PVP untuk bisa membuka mode ranked.

Tier Rank di Wild Rift

Rank League of Legends Wild Rift

Setidaknya ada sepuluh rank dalam Wild Rift dengan tiap peringkat punya 4 level. Kecuali 3 tingkat terakhir dimana promosi akan diberikan sesuai skill pemain dalam game.

Berikut tier rank di Lol Wild Rift :

Iron I, II, III, IV

Bronze I, II, III, IV

Silver I, II, III, IV

Gold I, II, III, IV

Platinum I, II, III, IV

Emerald I, II, III, IV

Diamond I, II, III, IV

Master

Grandmaster

Challenger

Sistem Rank League of Legends Wild Rift

Tiap rank mulai dari Iron hingga Emerald punya rank mark yang ditandai dengan logo segitiga mengelilingi simbol rank.

Tiap memenangkan pertandingan, pemain akan mendapatkan rank mark. Tiap rank mulai dari Iron hingga Emerald menggunakan sistem Fortitude yang akan melindungi pemain dari kehilangan rank marks.

Tiap peringkat punya mark yang berbeda untuk naik level. Misalnya tier Iron, dibutuhkan 2 rank marks. Bronze dan Silber 3 rank marks, tier gold 4 dan Emerald membutuhkan 5 rank marks.

Jumlah kemenangan untuk naik per level juga berbeda atau yang dikenal dengan Promotion  Series. Misalnya jika ingin naik ke Iron ke Bronze, atau Bronze ke Silver pemain perlu menyelesaikan 1 set match.

Berikut penjelasannya :

Iron dan Bronze : dibutuhkan 2 kemenangan untuk naik rank, jika kalah sampai 3x pemain akan gagal naik rank

Silver hingga Diamond: dibutuhkan 3 kemenangan, kalah 3x akan gagal

Master hingga Challenger: Tidak ada promosi rank

Mungkin kalian bertanya-tanya mengapa rank Master sampai Challenger tidak ada promosi rank? Itu karena ketiganya menggunakan sistem rank berdasar Victory Points.

Apa Itu Victory Points?

Untuk naik tiap divisi rank mulai dari Master sampai dengan Challenger pemain harus mencapai target 100 Victory Point kemudian melanjutkan ke tier atas.

Selain dari kemenangan, performa akan dinilai dari seberapa baik pemain bertanding dalam game. Poin yang akan dimenangkan atau hilang tergantung dari beberapa faktor, salah satunya skill dalam tim.

Namun, jumlah Poin yang kalian menangkan atau hilang ditentukan oleh berbagai faktor, termasuk skill level keseluruhan pemain di kedua tim.

Pemain perlu mengumpulkan 100 Victory Point agar bisa naik ke divisi selanjutnya. Perlu diketahui, poin ini akan berkurang jika pemain tidak aktif dalam waktu cukup lama.

Tiap Victory Point yang didapatkan akan membuat pemain dekat dengan Challenger dan nama pemain nantinya akan terdaftar dalam ranking di leaderboards.

Nah, itulah penjelasan mengenai rank League of Legends Wild Rift. Semoga bermanfaat ya. Ikuti turnamen gratis Champions Organizer dengan mengunjungi https://champions.my.id/tournaments