Genshin Impact memang menyasar pengguna smartphone kelas atas karena tergolong sebagai game berat. Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi Genshin Impact stuck loading screen.

Bagi pengguna smartphone kelas menengah yang memaksa memainkan game ini mungkin akan menemukan sejumlah masalah. Seperti error loading mulai dari stuck loading, white atau black screen hingga crash.

Penyebab Genshin Impact Stuck Loading Screen

Permasalahan stuck loading seringkali dialami pengguna. Mengenai penyebabnya ada banyak faktor mulai dari koneksi, bug, spesifikasi perangkat yang tidak kompatibel, dan sebagainya.

Baik Genshin Impact iOS ataupun Android berpotensi untuk mengalami masalah ini. Berikut penjabaran lengkap mengenai penyebabnya.

1. Bug

Bug merupakan error yang terjadi pada suatu program. Ini merupakan kesalahan yang terjadi dari pihak developer dan nantinya akan diperbaiki.

Semua aplikasi memang tidak bisa lepas dengan error bug. Itu karena tidak ada aplikasi yang sempurna. Jadi, kemungkinan bug di game ini bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Biasanya jika ada bug, miHoYo akan mengumumkan melalui akun sosial media. Jadi, pantau saja akun sosmed resmi Genshin Impact untuk  memastikan apakan error yang terjadi akibat bug atau bukan.

2. Perangkat yang Tidak Kompatibel

Penyebab lainnya adalah perangkat yang tidak kompatibel. Jika smartphone yang digunakan tidak sesuai dengan spek minimum Genshin Impact, error pasti akan terjadi.

Berikut spek mininum untuk menjalankan Genshin Impact

Prosessor : Arm v8a 64-bit

RAM : minimal 3 GB

Android : minimal v 7.0 atau lebih tinggi, snapdragon 845, kirin 810 atau diatasnya

Penyimpanan : 8 GB

Bagi pengguna smartphone tipe snapdragon 625-720 masih memungkinkan untuk bisa memainkannya. Sementara iPhone, di iPhone 6s masih berjalan dengan baik tetapi ada juga yang mengalami masalah stuck loading.

Karena itu, pastikan perangkat pengguna sesuai dengan yang ditetapkan Genshin, karena jika dibawah minimum nantinya banyak error yang akan dijumpai.

3. Koneksi & Masalah Lain

Jika spesifikasi HP sudah diatas standar minimum yang ditetapkan, error mungkin diakibatkan oleh koneksi.

Koneksi internet yang kuat dan stabil sangat dibutuhkan dalam game. Selain sinyal, penyebab lain yakni storage yang tidak mencukupi, data yang corrupt, atau lainnya.

Baca Juga : Karakter Bintang 4 Terbaik Genshin Impact Role Support

Cara Mengatasi Genshin Impact Stuck Loading, White & Black Screen

Jika kalian mengalami game stuck di loading, berikut ini sejumlah cara yang bisa dilakukan. Cara ini berlaku bagi pengguna Android maupun IOS.

1. Clear Cache Dan Data

Mengatasi masalah Genshin Impact pertama yang bisa dilakukan adalah dengan clear cache dan data. Berikut langkahnya:

  • Klik setting – pilih apps & notification – pilih Genshin Impact
  • Masuk ke storage & cache – clear cache
  • Jalankan game, jika masih saja error, ulangi langkah tersebut.

Seharusnya, game sudah kembali normal. Tetapi jika masih saja stuck di loading, kalian bisa mencoba cara selanjutnya.

2. Cara Mengatasi Genshin Impact Stuck Loading Screen – Reconect Data

Salah satu masalah yang memicu game tidak mau masuk ke menu utama adalah koneksi internet yang buruk dan tidak lancar.

Tetapi, bagaimana jika koneksi bagus tetapi masih saja belum bisa login? Mungkin saja ada masalah pada koneksi jaringan di smartphone kalian.

Solusinya dengan melakukan reconect data. Berikut langkah selengkapnya:

  • Masuk ke game
  • Matikan internet sebentar melalui notifikasi bar
  • Tunggu sebentar, lalu hidupkan lagi
  • Minimize game dan masuk kembali ke game
  • Nantinya loading akan berjalan

Cek apakah masalah stuck loading sudah bisa teratasi dan game sudah bisa berjalan normal lagi. Selain koneksi, spek hp yang digunakan untuk bermain game sudah memenuhi syarat minimum atau belum.

3. Screen Rotation – Khusus iPhone

Ini khusus pengguna iPhone ya. Di forum miHoYo ada banyak pemain yang mengalami error stuck loading, white screen dan juag black screen. Jika mengalami hal demikian, berikut solusi yang bisa diterapkan.

  • Hapus semua widget di iPhone (boleh dilakukan boleh juga tidak)
  • Matikan screen rotation
  • Terakhir, buka game dengan posisi horizontal.

Jika sudah, perhatikan apakah masalah error loading sudah bisa teratasi. Dari beberapa kasus, cara ini berhasil menyelesaikan masalah stuck loading Genshin Impact dan sudah terbukti work.

Mengenai pengaruh penghapusan widget, sebenarnya itu tidak begitu berefek. Yang berpengaruh adalah screen rotationnya.

4. Reinstal Genshin Impact

Jika semua langkah yang dilakukan di atas belum juga berhasil, cara terakhir adalah dengan melakukan instalasi ulang Genshin Impact.

Game ini memang punya ukurang yang berat, lebih dari 5GB. Bagi smartphone dengan spek kentang akan sangat terasa beratnya.

Banyak yang berfikir ulang untuk mengunduh game ini karena memakan cukup banyak resource juga. Pengguna juga tidak tahu mungkin saja saat penginstalan terjadi file corrupt.

Sehingga, saat dijalankan game stuck di loading saja, black screen, white screen atau bahkan crash. Menginstal ulang merupakan salah satu langkah menghilangkan semua bug dan crash pada game.

Sebelum menguninstal, lakukan penghapusan cache dan data dulu. Caranya:

  • Masuk ke pengaturan – pilih apps & notification – pilih Genshin Impact.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan uninstal game
  • Unduh game kembali melalui Play Store.

Jika semuanya sudah dilakukan tapi error masih saja terjadi. Kemungkinan besar smarthphone kalian yang tidak mendukung. Caranya ganti hp dengan spek minimum yang ditetapkan Genshin Impact.

Rekomedasi smartphone yang kompatibel dengan game besutan miHoyo ini adalah prosessor Snapdragon 845, Kirin 810 dan diatasnya dengan RAM minimal 4GB.

Itulah ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi Genshin Impact stuck di loading, crash, black screen dan juga White screen. Cara di atas bisa diterapkan baik di Android dan juga Apple. Selamat mencoba semoga berhasil.