Siapa bilang main game Cuma buang-buang waktu? Ternyata main game termasuk MLBB ada manfaatnya. Lantas, apa manfaat main Mobile Legends ini jika dilihat dari sisi positifnya?

Bermain game memang lebih diidentikkan dengan hal-hal negatif seperti buang-buang waktu dan kecanduan. Beberapa waktu lalu juga ada kasus anak kecanduan main game yang mengakibatkan kejang otot hingga meninggal.

Tapi di luar itu, ada banyak manfaat positif yang bisa dipetik dari bermain game bergenre MOBA ini. Apa saja? Berikut selengkapnya!

#1 Apa Manfaat Main Mobile Legends? Melatih Komunikasi dan Kerja Sama Tim

Manfaat main Mobile Legends pertama adalah Melatih komunikasi dan kerjasama tim. Misalnya saat kamu bermain 5v5 dengan anggota tim yang dipilih secara acak.

Nantinya kamu akan menemui orang-orang dengan kepribadian beragam. Namun, sebaiknya sih mainlah bersama tim party-an-mu saja untuk bisa menjaga inkonsistensi permainan.

Dengan ini kamu lebih bisa saling memahami lebih intens lagi. Kamu juga paham gameplay dari tiap anggota tim. Berbeda dengan sistem acak, tiap kali bermain kamu harus menyesuaikan diri dengan gameplay dan kepribadian mereka yang belum jelas.

Belum lagi bertemu tim yang egois, toxic, noob tapi tidak mau di arahkan, dan sebagainya. Namun dengan bermain bersama rekan party-an, selain menjaga konsistensi permainan, chemisty dan komunikasi juga akan terbangun dengan baik.

Komunikasi ini penting untuk membuat para pemain berkembang. Apalagi dalam turnamen, komunikasi dan juga kerjasama merupakan salah satu faktor penting untuk memenangkan match.

2# Menempa Mental

Pemain toxic dan kalah adalah hal yang menyebalkan bagi semua pemain Mobile Legends. Terutama jika kamu bermain dengan tim random, pasti sering bertemu player toxic dan ngotot. Karena itulah sebaiknya bermain dengan rekan party-an saja agar chemistry dan komunikasi tim terjaga.

Peluang menang pun jadi lebih tinggi. Meski kalah, tim akan tetap kompak dan saling menjaga bukan saling menyalahkan satu sama lain.

Mental kalian pun akan ditempa jika sedang mengalami kekalahan. Karena namanya pertandingan tidak mungkin menang terus-menerus. Pasti ada saatnya kalah.

Dalam kasus pro player misalnya, saat tim kalah, netizen akan mencaci maki mereka. Saat moment kalah inilah ujian mental dimulai. Mungkin ada beberapa pro player yang down karena sebelumnya di puja-puja namun setelah kalah malah di caci maki.

Tapi, ini akan membuat mental pro player lebih kuat lagi. Apalagi lawan yang bermain menyasar mental. Makanya seringkali kita dengar istilah “kena mental”.

Bagi kalian yang sering ketemu player toxic lama-kelamaan juga bisa lebih sabar dan kuat menghadapi ketoxican mereka.

Tapi, lebih baik sih bermain dengan rekan party-anmu ini juga demi kebaikan tim mendatang agar terus berkembang.

3# Mampu Membantu Pemain Membaca Situasi

Untuk menemukan momentum terbaik mengungguli musuh, kalian perlu membaca situasi dan kondisi dalam pertandingan. Dengan begini, celah dan kelemahan musuh bisa kalian manfaatkan untuk mencuri poin.

Kemampuan membaca situasi juga akan memudahkan kalian mengetahui dari mana musuh menyerang. Tim pun nantinya bisa mengantisipasinya.

Di kehidupan sehari-hari, kemampuan memabca situasi ini akan membantu kamu memecahkan masalah yang dihadapi.

4# Apa Manfaat Main Mobile Legends? Berpikir Kritis di Bawah Tekanan

Pertandingan Mobile Legends sering dihadapkan dengan situasi yang sulit dan mencekam. Saat tim tertekan inilah, mental dipaksa untuk berpikir mencari peluang agar bisa lepas dari tekanan lawan.

Saat teamfight, penempatan role merupakan kunci kesuksesan. Tim tentunya harus berkomunikasi dengan baik dan memikirkan posisi terbaik agar serangan yang dilancarkan berhasil.

Nah itulah jawaban atas pertanyaan apa manfaat main Mobile Legends. Terakhir, jika kalian serius menekuninya, pasti akan mendapatkan uang. Salah satunya dengan mengikuti turnamen GRATIS CHAMPIONS ORGANIZER.

Kunjungi https://champions.my.id/2020/11/08/mobile-legends-tournament/ dan pilih season yang tersedia.

Tiap pekan kami menggelar turnamen GRATIS dengan prizepool ratusan ribu rupiah. Para pro player atau steamer di sana juga sukses mendulang rupiah dari bermain game Mobile Legends ini.

Jadi, game tidak melulu dikaitkan dengan hal negatif. Banyak juga sisi positif yang bisa kita ambil. Tapi perlu diingat juga bagi kalian para pelajar, jangan sampai lupa waktu dan tidak sempat belajar karena keasyikan push rank.

Bermain game boleh tapi ingat waktu juga ya, jangan sampai kecanduan juga karena bisa berakibat buruk terhadap kesehatan dan mental.