Bermain game online seperti MLBB kala jenuh atau sekedar mengisi waktu luang memang menyenangkan. Namun, jika berlebihan akan mendatangkan gangguan kesehatan dan juga mental. Lantas apa efek main Mobile Legends dan game online lainnya?

Bahkan, beberapa kasus bisa mengakibatkan kematian. Semua hal yang berlebihan memang tidaklah baik. Berikut efek kesehatan yang diakibatkan terlalu banyak bermain game online selengkapnya.

1. Apa Efek Main Mobile Legends dan game online Lainnya? – Kecanduan

Salah satu masalah kesehatan yang sering dijumpai pada anak dan remaja yang terlalu banyak bermain game online adalah kecanduan. Penelitian menyebutkan bahwa obsesi yang diakibatkan oleh bermain game sama dengan penyalahgunaan narkoba atau alkohol.

Efeknya, seseorang akan kurang fokus dalam kehidupan sehari-hari. Itu karena pemikirannya tertuju ke game melulu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun telah menetapkan kecanduan game online sebagai salah satu penyakit gangguan mental atau mental disorder.

Dilansir dari SehatQ, kecanduan game ini juga bisa memicu gangguan mental lainnya seperti stress, depresi hingga gangguan kecemasan.

2. Gangguan penglihatan

Terlalu sering menatap layar gadget untuk bermain game juga bisa meningkatkan resiko gangguan fungsi mata. Sinar biru yang berasal dari smartphone bisa merusak retina.

Selain itu, efek jangka panjangnya bisa menyebabkan peningkatan risiko degenerasi makula, glaukoma, dan penyakit retina degeneratif yang mengakibatkan kebutaan.

3. Obesitas atau malah Berat Badan Menurun Drastis

Dampak bermain Mobile Legends dan game online lainnya dalam Jangka panjang berakibat pada kesehatan tubuh dan mental. Kecanduan ini bisa menyebabkan kesehatan anak menurun dan kurang makan. Akibatnya, berat badan pun menurun drastis.

Ada juga yang mengakibatkan obesitas karena porsi makan yang banyak tidak diimbangi dengan aktivitas fisik.

4. Sindrom Quervain

Dilansir dari WebMD, Sindrom Quervain merupakan kelainan yang diakibatkan oleh peradangan tendon. Dampaknya, ibu jari hingga pergelangan tangan akan terasa sakit.

Sindrom ini diakibatkan oleh aktivitas yang fokus hanya pada gerakan tangan berulang, seperti bermain game online.

5. Apa Efek Main Mobile Legends dan game online Lainnya? – Perilaku Agresif dan Masalah Mental

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa mereka yang sering bermain game menjadi lebih tertekan dan cemas dibandingkan mereka bukan gamer. Anak-anak yang kecanduan game menjadi lebih impulsif dan canggung.

Kemarahan anak juga meningkat karena aktivitas bermain gamenya diganggu. Masalah mental yang tak kalah berbahaya lain yakni fobia sosial, dimana anak menarik diri dari lingkungan sosial dan enggan bersosialisasi. Itu karena sepajang hari mereka fokus bermain game saja.

Sudah banyak kasus anak yang mengalami gangguan mental karena game hingga harus dirawat di Rumah Sakit Jiwa. Itu karena perilaku impulsif mereka yang sudah dalam tahap membahayakan.

Ketika dilarang langsung ekspresi emosinya sangat tinggi. Bisa melempar barang, bahkan bisa mengancam dengan senjata tajam jika tidak dituruti permintaanya, seperti kuota atau hp.

Intinya, semua yang berlebihan itu tidak baik, termasuk bermain game. Jadi sebaiknya batasi waktu bermain gadget, jangan sampai kecanduan hingga lupa mengerjakan tugas sekolah, lupa makan, tidak mau belajar, dan sebagainya.

Jika kalian bercita-cita jadi Pro Player juga tidak harus main game 24 jam dalam sehari kan? Batasi penggunaan gawai, bisa dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari, jam berapa boleh pegang hp, belajar, dan lainnya. Jangan lupa olahraga juga karena penting demi badan dan jiwa yang sehat.

Namun, dibalik dampak negatifnya, bermain game seperti Mobile Legends juga membawa dampak positif loh. Kalian bisa membacanya di sini : Dampak Positif Main Mobile Legends