Dunia Anime sudah mengambil hati banyak orang di seluruh dunia. Anime sendiri merupakan gambar tangan dan animasi yang erat hubungannya dengan Jepang. Karena sangat menyukai anime, orang-orang di seluruh dunia merayakan Hari Anime Nasional atau Hari Anime Sedunia tiap tahunnya.

Banyak anime populer yang digemari sepanjang masa seperti Detective Conan, One Piece, Fairy Tail, Bleach dan masih banyak lagi. Bahkan ada fans club nya juga seperti One Piece Fans Club, Detective Conan Fans Club, dan sebagainya. Ini membuktikan anime punya eksistensi yang begitu tinggi.

Tentang Hari Anime Sedunia atau Nasional Anime

Hari Anime Nasional adalah perayaan tahunan yang diadakan setiap tanggal 15 April setiap tahunnya. Pada 2021, perayaan tersebut jatuh di hari ini. Di hari tersebut orang merayakannya dengan menonton anime favorit mereka.

Ada juga yang berpartisipasi dalam cosplay untuk memerankan karakter anime favoritnya. Beberapa ada yang pergi ke toko komik untuk membeli merchandise karakter favoritnya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk merayakan hari ini.

Sejarah Hari Anime Sedunia

Asal mula Hari Anime sedunia dapat ditelusuri kembali ke asal muasal Anime.

Menurut sejarah, anime pertama kali ada pada tahun 1900-an. Akhir tahun 1970 dan awal 80, anime menjadi populer karena gayanya yang unik, berbeda dengan kartun.

Orang-orang jadi suka menonton anime. Banyak yang ingin mewujudkan karakter anime favoritnya dengan cosplay. Karena itulah digelar konvensi anime. Konvensi anime pertama kali yang digelar bertajuk Comiket pada tahun 1975 nertempat di Tokyo.

Kala itu hadir sekitar 700 peserta. Sekarang, banyak event cosplay yang digelar di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Kemungkinan sekelompok penggemar mengira bahwa orang-orang menjadi sangat menyukai anime karena itulah anime pantas mendapat hari nasionalnya sendiri. Saat perayaan hari nasional itulah penggemar menghabiskan waktunya untuk kegiatan yang berkaitan dengan anime.

Cara Merayakan : Ide & Aktivitas

Berikut ini hal yang bisa kamu lakukan untuk merayakan hari Anime Nasional yang jatuh pada 15 April:

  • Berpartisipasilah dalam Konvensi Anime / Anime Convention

Salah satu cara untuk merayakan hari ini adalah dengan ikut serta dalam konvensi anime. Mungkin ada satu yang dekat dengan daerahmu.

Tapi mengingat pandemi seperti ini pasti semua kegiatan yang berpotensi mengumpulkan orang banyak di stop.  Mungkin saja digelar secara virtual.

  • Berpartisipasi dalam Cosplays

Kalian juga bisa merayakannya dengan berpastisipasi sebagai cosplayer. Kamu nantinya perlu berdandan semirip mungkin dengan karakter anime favoritmu.

Kamu bisa membuat kostum sendiri sesuai kreatifitas. Pada event ini kamu juga bisa berinteraksi dengan penggemar lain yang berpakaian seperti karakter anime favorit mereka.

Tapi, lagi-lagi karena pandemi, event ini nampaknya dilarang digelar karena melibatkan kerumunan. Mungkin, beberapa ada yang diadakan via online.

  • Tonton Anime

Nah, ini satu-satunya kegiatan yang aman dilakukan saat pandemi yakni menonton anime. Kamu bisa menonton anime favoritmu atau mencoba yang baru. Kamu bisa mengumpulkan rekomendasi anime terbaik dari situs populer atau dari saran teman.

  • Rayakan di Media Sosial

Kamu juga bisa berpartisipasi di media sosial untuk menyemarakkannya. Misalnya dengan menggunakan hastag #NationalAnimeDay untuk memberi tahu teman atau followersmu bahwa kamu ikut merayakan hari anime di tahun ini.