Tim-tim terbesar Eropa bersiap untuk melepaskan diri dan membentuk ‘Liga Super’ mereka sendiri dalam sebuah langkah yang telah dikecam berbagai pihak.

Dunia sepak bola diguncang ketika pengumuman Liga Super yang memisahkan diri dengan menampilkan klub-klub paling elit di Eropa dikonfirmasi pada April 2021. Dengan langkah untuk mengubah sepakbola seperti yang kita kenal selamanya.

Laporan tentang pembentukan liga semacam itu sudah beredar sejak lama. Terjadi penekanan lebih besar saat Der Spiegel merilis rencana yang bocor untuk itu di tahun 2018. Turnamennya sendiri rencana di gelar awal Agustus mendatang dengan format dan lanskap yang berubah sepenuhnya.

Tapi tahukah kamu apa itu Liga Super Eropa dan bagaimana pengaruhnya terhadap Liga Champions? Kami akan membahasnya.

Apa itu Liga Super Eropa / European Super League & Klub Mana yang Ikut Serta?

Liga Super Eropa adalah kompetisi baru yang melibatkan 20 klub – dengan 15 klub permanen, disebut “klub pendiri” – dan lima tim tamu yang akan dipilih untuk terlibat setiap musim berdasarkan hasil musim domestik mereka sebelumnya.

Ada 12 klub pendiri: enam dari Liga Premier (Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United dan Tottenham); tiga dari La Liga (Real Madrid, Barcelona, ​​Atletico Madrid); dan tiga dari Serie A (Inter, Juventus, AC Milan).

Namun, secara dramatis dua hari setelah diumumkannya Liga Super, Chelsea memutuskan untuk undir diri dan menyatakan kontra.

Lebih Banyak Klub Bisa Mengikuti

Dalam pernyataan resmi Liga Super, mereka merinci tiga klub lain akan dimasukkan ke dalam grup pendiri. Klub akan diumumkan pada waktunya.

Paris Saint-Germain, Bayern dan Borussia Dortmund diyakini telah didekati, meski Bayern Munich dan Borussia Dortmund sudah menolak undangan untuk bergabung.

Ke-15 klub permanen akan kebal terhadap degradasi dan karenanya sudah ada jaminan tempat di Liga Super secara permanen.

Siaran pers Liga Super Eropa berbunyi: “Pembentukan Liga Super terjadi pada saat pandemi global telah mempercepat ketidakstabilan dalam model ekonomi sepak bola Eropa yang ada”.

Selanjutnya, selama beberapa tahun, Klub Pendiri memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas dan intensitas kompetisi Eropa yang ada sepanjang musim, dan menciptakan format untuk klub dan pemain top untuk bersaing secara teratur.

Dengan menyatukan klub terbaik dan pemain terbaik di dunia, Liga Super akan menghadirkan kegembiraan dan drama yang belum pernah ada sebelumnya dalam sepak bola.”

Kapan Liga Super Eropa Diperkenalkan?

Pernyataan pers Liga Super mengatakan bahwa mereka berencana untuk memperkenalkan kompetisi “secepat mungkin“.

Rencanaya memang kompetisi ini dimulai pada awal Agustus, meski negosiasi masih berlangsung.

Apa format Liga Super Eropa?

Liga Super Eropa mirip dengan Liga Champions karena merupakan turnamen sistem gugur yang menampilkan klub-klub paling elit di Eropa.

Kompetisi akan melibatkan dua grup yang terdiri dari 10 tim yang bersaing dalam pertandingan kandang dan tandang yang dimainkan pada pertengahan minggu. Di akhir babak pertama, tiga orang yang finish di masing-masing grup akan otomatis lolos ke perempatan final.

Tim di posisi keeempat dan kelima akan saling beradu dalam babak play off untuk merebutkan dua slot di perempatan final.

Perempat final dan semifinal akan dimainkan secara kandang dan tandang atau home and way. Pertandingan final dimainkan sebagai pertandingan satu leg di stadion netral pada bulan Mei.

Klub-klub yang termasuk dalam 15 klub permanen, akan kebal sepenuhnya terhadap eliminasi dari kompetisi. Meskipun penampilan mereka buruk.

Bagaimana Ini Akan Berdampak Pada Liga Premier, La Liga Dan Serie A?

Liga Super telah menyatakan bahwa pertandingannya akan berlangsung pada pertengahan minggu. Slot yang secara tradisional disimpan untuk pertandingan Eropa karena pertandingan domestik dimainkan pada akhir pekan.

Visinya adalah bahwa Liga Super akan dimainkan secara bersamaan dengan kompetisi domestik seperti Liga Premier – sebagaimana Liga Champions telah dimainkan.

Namun ada kekhawatiran bahwa klub-klub top tidak punya semangat untuk tampil baik di masing-masing liga karena partisipasi mereka di Liga Super sudah permanen.

Sifat liga domestik adalah mengembangkan persaingan sehat untuk memperebutkan posisi Liga Champios. Tetapi di Liga Super ini tidak berlaku untuk ke-15 klub pendiri.

Klub Pendiri dijamin tidak akan terdegradasi meski performa mereka di lapangan buruk. Inilah yang ditentang oleh klub lain.

Bagaimana Tanggapan Terhadap Liga Super?

Liga Super Eropa telah banyak dikritik oleh tokoh-tokoh dan pendukung sepak bola terkemuka, dengan Gary Neville memimpin sentimen fans dengan penentangannya terhadap turnamen.

Ia menyebutnya sebagai “keserakahan murni” dan bahkan menyarankan bahwa pihak yang telah menandatangani proposal harus dihukum dengan pengurangan poin.

Penggemar dari klub yang berpartisipasi telah memimpin protes terhadap penerapan Liga Super, menuduh klub hanya peduli tentang doorprize saja dan tidak mempertimbangkan penggemar.

Penggemar Chelsea akan memprotes rencana Liga Super secara langsung di stadion dan menarik tanda-tanda yang dibuat oleh mereka sebelumnya karena sempat bergabung.

Apa Yang Akan Terjadi Dengan Liga Champions?

Liga Super akan secara langsung menghancurkan Liga Champions. Itu karena kompetisi klub utama UEFA akan dipaksa hadir tanpa tim ternama jika turnamen pemisahan secara resmi dimulai.

Itu bisa sangat mengurangi daya tarik dan romantisme Liga Champions, yang selalu menjadi kompetisi klub domestik Eropa paling bergengsi.

Saat ditanya apakah Liga Champions akan tetap ada meski 12 klub ternama memisahkan diri, Ceferin menjawab “ ya, tentu saja

Di Eropa, ada banyak klub bagus, banyak penggemar setia dan kami sudah menyetujui perubahan untuk kompetisi klub Eropa pasca 2024. Kami akan melakukannya dengan atau tanpa mereka, lanjutnya”

Apa Benefit yang Ditawarkan Liga Super?

Peserta Liga Super akan diberikan hadiah finansial yang menguntungkan dan signifikan jika mereka diizinkan bermain dengan klub paling unggul di dunia secara lebih teratur. Bahkan ini lebih dari Liga Champions.

Dengan menghentikan kompetisi nasional dan membentuk liga yang diikuti oleh klub elit saja, Liga Super mungkin bisa bersaing dengan NFL dan NBA yang mendapat benefit dari kesepakatan hak siar televisi yang besar.