MSC Mobile Legends kini tengah menjadi topik perbincangan. Setelah sukses menyabet gelar juara, EVOS Legens bersama runner-up Bigetron Alpha berhak mendapatkan slot untuk bermain di MSC.

Tapi tahukah kamu apa itu MSC, bagaimana perjalanannya dari tahun ke tahun? Simak penjelasan CHAMPIONS.MY.ID berikut.

Apa Itu MSC Mobile Legends?

MSC Mobile Legends merupakan kependekan dari Mobile Legends Southeast Asia Cup yang merupakan turnamen MLBB tingkat Asia Tenggara resmi dari Moonton.

Turnamen tersebut rutin digelar setiap tahun sejak 2017. Namun, pada 2020 lalu, MSC absen akibat pandemi. Sebagai gantinya memang ada MPL Invitational yang dimenangkan oleh tim wakil Indonesia, Alter Ego.

Perjalanan MSC Dari Tahun ke Tahun

2017 menjadi tahun pertama MSC digelar. Sebagai informasi, tim-tim yang ikut serta dalam turnamen ini adalah mereka yang menjadi juara pertama dan kedua di turnamen MPL regional negaranya.

Tercatat tim wakil dari 5 negara dan 8 tim di Asia Tenggara ikut serta dalam MSC 2017 yang terdiri dari Indonesia, Singapura, Filipina, Thailand dan Malaysia.

Acara ini berlangsung di berlangsung di Jakarta bertempat di Mall Taman Anggrek pada tanggal 1-3 September 2017.

Tim asal Thailand yakni IDONOTSLEEP menjadi juara dan berhak membawa pulang hadiah senilai Rp 1,3 miliar.

MSC Mobile Legends Tahun 2018

Di 2018 jumlah tim dan negara yang berpartisipasi bertambah menjadi 10 tim dari 7 negara. Acara kembali digelar di Indonesia tepatnya Hall B3 JIExpo, Kemayoran, Jakarta, pada 27-29 Juli 2018.

Indonesia diwakili oleh Evos Esport, Aerowolf, dan Rex Regum Qeon (RRQ) 02. Gelar juara diraih oleh Aether Main tim wakil Singapura dengan skor telak 3-0 atas DD gaming di grand final.

Tahun 2019

Pada 2019, MSC diadakan di Manila, Filipina tanggal 21-23 Juni 2019. Jumlah tim dan negara yang ikut serta bertambah dibanding tahun sebelumnya yakni menjadi 12 tim dari 9 negara.

Tim wakil Indonesia ada Onic Esports yang sebelumnya menjuarai MPL ID Season 3 dan Louvre Esports, runner up.

ONIC Esports berhasil meraih gelar juara MSC 2019 setelah mengalahkan rekan tim satu negaranya, Louvre dengan skor 3-0.

Tahun 2020

Nah, di tahun 2020, MSC ditiadakan akibat dari pandemi yang menjadi wabah global. Sebagai gantinya ada MPLI meskipun berbeda karena bukan turnamen resmi dari Moonton.

MSC Mobile Legends Tahun 2021

Memasuki 2021, Moonton sudah mengumumkan bahwa MSC akan dihadirkan lagi bertempat di Manila, Filipina.

Turnamen akan digelar pada  7-9 Juni untuk babak Penyisihan Grup.  Sementara babak playoff sekaligus Grand Final akan dilangsungkan tanggal 11-13 Juni.

Evos Legends dan Bigetron Alpha menjadi tim wakil Indonesia yang akan berlaga di turnamen tersebut. Namun sayang, salah satu punggawa Bigetron Alpha yakni Branz dengan berat hati diskors dan tidak bisa ikut turnamen apapun yang resmi digelar Moonton karena skandal saat live streaming.