Terlepas dari popularitasnya yang luar biasa, game FPS besutan Riot Games yakni Valorant sering mengalami bug atau error code. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mengatasi required dependency error pada game.

Sejak dirilis versi beta pada April lalu, pemain seringkali menghadapi bug yang mengganggu satu demi satu hinga Riot mulai mengatasinya satu per satu.

Pengembang berhasil menghapus sebagian besar bug dan error. Tetapi error code baru masih saja muncul.

Salah satu masalah yang dialami banyak pemain adalah kesalahan Required Dependency . Biasanya muncul di layar pemain yang baru saja mendownload game atau mengupdate Valorant ke versi terbaru.

Apa Penyebab Error Code Required Dependency?

Error muncul menampilkan pesan “We couldn’t install a required dependency”. Masalah tersebut berkaitan dengan penginstalan game, khususnya Vanguard.

Vanguard merupakan kernel-level anti-cheat untuk game dan juga hal yang pertama dibutuhkan PC agar bisa menjalankan Valorant.

Instalasi perangkat lunak yang salah adalah salah satu masalah utama di balik kesalahan ini.

Cara Memperbaiki Error Code

Cara Memperbaiki Required Dependency Error di Valorant

Untuk memperbaiki error code Required Dependency, pertama kamu harus mencopot pemasangan atau uninstall Vanguard dari Vanguard Tray icon atau dari bagian Add/Remove di control panel.

Jika sudah menemukan tray icon, uninstall Vanguard sangatlah mudah. Cukup klik kanan dan pilih opsi uninstal.

Kamu juga bisa menemukannya di bagian start. Berikut caranya:

  • Pergilah ke start – control panel dan pilih Program and Feature. Kamu juga bisa mencarinya dengan mengetikkan nama “program” di fitur pencarian dengan cara klik kanan ikon windows dan pilih search.
  • Cari file bernama Riot Vanguard kemudian klik kanan dan pilih uninstall
  • Tunggu hingga prosesnya selesai
  • Setelah berhasil diuninstall, unduh dan instal Vanguard versi terupdate dari situs resmi Riot Games.
  • Restart komputer dan luncurkan game lagi tetapi dalam mode administrator. Caranya klik kanan file kemudian pilih – run as administrator
  • Jika masalah masih saja muncul, hapus intalan dan uninstall game sekali lagi
  • Jika error masih terjadi, solusi terakhir kamu perlu menghubungi Riot Support

Versi lama Windows (mungkin 8, 8.1, dan 7) juga dapat menjadi penyebab masalah di sini; namun, itu tidak dikonfirmasi oleh pemain yang menghadapi masalah ini.

Cek turnamen Valorant di https://champions.my.id/2021/01/05/valorant-tournament/