Lightyear Pixar tidak akan diputar di Arab Saudi, U.A.E. dan Kuwait, di antara wilayah Asia Barat lainnya. Alasannya karena adanya scene ciuman sesama jenis dalam spin-off “Toy Story”.

Adegan yang melibatkan karakter penjaga ruang lesbian baru bernama Alisha dan pasangannya memulai sebuah keluarga bersama dan saling menyapa dengan ciuman di bibir awalnya di-cut dari film oleh Disney.

Tapi itu dikembalikan ketika animator Pixar berbicara menentang Disney dalam sebuah surat terbuka yang diperoleh Variety. Disebutkan bahwa Disney telah menuntut pemotongan adegan, menyensor “kasih sayang gay yang terang-terangan” dan sebagai protes terhadap penanganan CEO Disney Bob Chapek atas “Don’t Say Gay”.

Lightyear Dibanned Arab Saudi, UAE dan Malaysia

Variety memahami bahwa Lightyear, yang akan dirilis di AS pada 17 Juni, tidak akan pernah diserahkan ke sensor di Saudi. Alasannya karena sudah pasti itu tidak akan lolos.

Namun film tersebut pada awalnya disetujui untuk dirilis di U.A.E., dengan pembatasan sensor telah dilonggarkan.

Namun, lisensi untuk memutar film di UEA tiba-tiba dicabut. Salah satu alasannya karena banyak seruan di media sosial yang menuduh Disney dan “Lightyear” menghina Muslim dan Islam.

Penyensoran di Arab Saudi baru-baru ini juga membuat penonton lokal tidak dapat menonton “Doctor Strange in the Multiverse of Madness”.

Karena dimasukkannya karakter gay. Serta “Eternals” Marvel, setelah Disney menolak untuk mengedit foto yang menyertakan ciuman sesama jenis. Serta “West Side Story” karena menampilkan karakter transgender.